Info : Inilah Tiga Hal BENAR Pada Rangka Atap Baja Ringan

Sebagaimana kita ketahui, atap dan rangka atap pada sebuah bangunan/gedung memiliki fungsi yang sangat vital dan penting. Karena atap yang baik harus mampu menjaga dan melindungi properti apapun didalam bangunan/rumah dari sengatan panas matahari, terpaan air hujan, angin kencang dan kondisi cuaca ekstrim lainnya. Sehingga anda sebagai penghuni rumah akan merasa aman dan nyaman, tidak terganggu oleh bocoran air hujan, rembesan air hujan didinding yang akan menyebabkan tingkat kelembaban ruangan menjadi tinggi juga tempat tumbuhnya jamur bahkan kekhawatiran akan ambruknya rangka atap rumah anda.
Pemanfaatan Baja Ringan (Galvalum/Zincalum) untuk konstruksi rangka atap, sebagai produk modern pengganti penggunaan kayu dan baja berat WF (baca Keunggulan baja ringan galvalum)   dinilai mampu untuk menjalankan fungsinya jika memenuhi tiga hal BENAR di bawah ini, sebagai aturan dan pedoman kami (Standart Operational Procedure - SOP) dalam mengerjakan proyek renovasi atap rumah/bangunan.

Disain, Fabrikasi, Instalasi Baja ringan yang benar
Tiga hal BENAR pada penggunaan baja ringan sebagai rangka atap adalah :
  1. Pertama, Benar dalam Disain
  2. Kedua, Benar dalam Fabrikasi
  3. Ketiga, Benar dalam Instalasi/Pemasangan

Benar dalam Disain
Dasar dari disain rangka atap adalah bentuk akhir bangunan yang diinginkan oleh pemilik rumah/bangunan, berkaitan dengan rencana bentuk rangka atapnya. Dari keinginan bentuk atap, di lakukan pengukuran dilokasi secara tepat, juga memperhatikan bentuk ruangan, apakah simetris atau tidak? (menyempit/wajik/trapesium) karena secara otomatis berhubungan dengan jarak tumpuan serta bentuk kuda-kuda. Tidak akan ada masalah jika bentuk ruang simetris karena kuda-kudanya akan sama persis, tetapi jika ruangan menyempit, maka untuk menyesuaikan sudut kuda-kuda akan dilakukan pemotongan salah satu sisi atau dua sisi menjadi kuda-kuda terpancung. Ketelitian dalam pengukuran dan pengamatan akan mempengaruhi ketepatan disain saat diaplikasikan, ketepatan perhitungan kebutuhan material dan ketepatan saat instalasi.
Benar dalam Fabrikasi
Fabrikasi/perakitan batang baja ringan galvalum/zincalum untuk menjadi kuda-kuda tinggal mengikuti disain sebelumnya secara tepat.
Fabrikasi Baja Ringan Diatas
Fabrikasi Rangka Baja Ringan Di atas

Dalam proses fabrikasi yang terpenting penggunaan tebal material yang sesuai dengan jarak tumpuan kuda-kuda, kemudian kelurusan dan keseragaman kuda-kuda saat ditumpuk, baik panjang ataupun sudut-sudutnya
Benar dalam Instalasi
Disain sudah benar, fabrikasi sudah ok, tapi tidak akan berarti banyak jika dalam instalasi/pemasangan kuda-kuda baja ringan galvalum terjadi kesalahan.
Instalasi Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan
Instalasi Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan
Hal terpenting adalah kaidah penempatan kuda-kuda sesuai dengan ketentuan keamanan yang berlaku, artinya jarak tepi kuda-kuda dengan sisi tembok untuk bentuk pelana dan pembagian jarak antar kuda-kuda harus sesuai dengan perhitungan disain sebelumnya.

Ketiga hal BENAR tersebut diatas jika diterapkan oleh semua aplikator, maka tidak akan terjadi kasus ambruknya/robohnya atap bangunan yang akan merugikan kedua pihak.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to Top